Assalamualaikum Wr Wb
Salam pintar, admin akan bagiin artkel Metode ilmiah, ini saya ambil dari pr Kimia kls x ,
kita akan bahas metode Ilmiah dari awal sampai akhir,,
METODE ILMIAH
Metode ilmiah atau proses ilmiah (bahasa Inggris: scientific method) merupakan proses keilmuan untuk memperoleh pengetahuansecara sistematis berdasarkan bukti fisis. Ilmuwan melakukan pengamatan serta membentuk hipotesis dalam usahanya
untuk menjelaskan fenomena alam. Prediksi yang dibuat
berdasarkan hipotesis tersebut diuji dengan melakukan eksperimen. Jika suatuhipotesis lolos uji
berkali-kali, hipotesis tersebut dapat menjadi suatu teori ilmiah.
CONTOH :
BAB 1
PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG
Pada zaman
sekarang ini, tingkat pendidikan di Indonesia masih dalam proses perkembangan.
Berbagai upaya dilakukan oleh pemerintah untuk terus mencetak generasi muda
yang cerdas dan kreatif agar mampu bersaing di masa mendatang nanti. Seperti
halnya pemberian tugas kepada siswa baik tugas sekolah maupun pekerjaan rumah.
Hal ini bertujuan menjadikan siswa lebih cerdas lagi dalam berfikir dan
berkreasi, karena dari pemberian tugas inilah siswa mampu berfikir ulang dan mengulang
materi-materi yang telah disampaikan sehingga siswa mampu berfikir secara
kritis dan logis.
Di SMA Plus
PGRI Cibinong dan khususnya di XI IPA 1 Reguler pemberian tugas sudah biasa
diberikan kepada siswa setelah pemberian materi selesei. Hampir setiap mata
pelajaran ada saja tugas yang diberikan kepada siswa. Bahkan tidak
tanggung-tanggung jadwal pengembalian tugasnya pun sangat ditentukan secepat
mungkin.
Bagi
guru-guru hal ini ditunjukkan untuk mendisplinkan siswa, tapi bagaimana dengan
siswanya sendiri? Pemberian tugas yang terlalu berlebihan ini akan memiliki
dampak yang tidak baik bagi konsentrasi siswanya itu sendiri.. Dampak apa
sajakah itu? Apakah berbahaya untuk konsentrasi siswa?.
1.2 IDENTIFIKASI MASALAH
1.
Apakah ada efek pemberian tugas yang berlebihan terhadap
konsentrasi siswa dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah SMA Plus PGRI
Cibinong Kelas XI IPA 1 Reguler?
2.
Apakah upaya pemerintah dalam menanggulangi tingkat
pendidikan di Indonesia sudah baik?
1.3 PEMBATASAN MASALAH
Dari
Identifikasi masalah diatas, maka peneliti membatasi penelitian pada efek
pemberian tugas yang berlebihan terhadap konsentrasi siswa dalam kegiatan
belajar mengajar di sekolah SMA Plus PGRI Cibinong Kelas XI IPA 1 Reguler.
1.4 RUMUSAN MASALAH
1. Apakah
ada efek pemberian tugas yang berlebihan terhadap konsentrasi siswa dalam
kegiatan belajar mengajar di sekolah SMA Plus PGRI Cibinong Kelas XI IPA 1
Reguler?
2. Apakah
efek pemberian tugas tersebut berupa efek positif atau negatif?
1.5 TUJUAN
Penelitian ini bertujuan, untuk :
1.5.1 Untuk
mengetahui efek pemberian tugas yang berlebihan terhadap konsentrasi siswa
dalam kegiatan belajar mengajar disekolah SMA Plus PGRI Cibinong Kelas XI IPA 1
Reguler.
1.5.2 Untuk
mengetahui jenis efek yang didapatkan dari pemberian tugas yang berlebihan
tersebut.
1.6 HIPOTESIS MASALAH
1. Efek
pemberian tugas yang belebihan terhadap konsentrasi siswa dalam kegiatan
belajar mengajar di sekolah SMA Plus PGRI Cibinong Kelas XI IPA 1 Reguler benar
adanya.
2. Efek
pemberian tugas yang berlebihan tersebut bisa berupa efek Positif dan Negatif.
1.7 MANFAAT PENELITIAN
Penelitian ini bermanfaat, untuk :
1.
Dapat mengetahui efek pemberian tugas yang berlebihan
terhadap konsentrasi siswa dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah SMA Plus
PGRI Cibinong kelas XI IPA 1 Reguler.
2.
Dapat mengetahui jenis efek yang didapatkan dari pemberian
tugas yang berlebihan tersebut.
1.8 METODE PENELITIAN
Metode penelitian yang
digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan
Metode Kualitatif.
BAB 2
LANDASAN
TEORI
2.1 PENGERTIAN
TUGAS SEKOLAH
Suatu pekerjaan atau
kegiatan yang diberikan oleh guru kepada siswanya untuk menjadikan siswanya
lebih pintar, kreatif dan cerdas. Biasanya tugas diberikan pada saat materi
selesei disampaikan.
2.2 PENGERTIAN
KONSENTRASI
Konsentrasi adalah
Pemusatan pemikiran kepada suatu objek tertentu. Semua kegiatan kita
membutuhkan konsentrasi.
BAB 3
HASIL PENELITIAN
Berdasarkan
penelitian diperoleh hasil bahwa memang benar adanya efek pemberian tugas yang
berlebihan terhadap konsesntrasi siswa dalam kegiatan belajar mengajar di
sekolah SMA Plus PGRI Cibinong Kelas XI IPA 1 Reguler, seperti perhatian siswa
kepada pelajaran yang mereka terima berkurang. Fikirannya lebih tersita untuk
mengerjakan tugas-tugas yang kian menumpuk tetapi harus dikumpulkan dalam waktu
yang dekat. Siswa pun sering tidur malam karena mereka ingin menyelesaikan
salah satu tugasnya sebelum tugas yang lain “Mengantri” untuk dikerjakan dan
akibatnya ke esokan harinya siswa bangun tidak tepat waktu dan kesekolah dengan
keadaan fisik yang kurang fit, sehingga cukup sukar untuk menerima materi yang
disampaikan.
Jika ada tugas kelompok, tentunya siswa akan mengalami
kesulitan untuk membagi waktu antara teman yang satu dengan teman yang lainnya,
mengingat kesibukan yang berbeda-beda. Dalam hal ini siswa harus siap menerima
resiko untuk pulang agak telat bahkan maksimal pukul 19:00 Malam, mereka
melakukan semua itu hanya demi terselesaikannya tugas mereka supaya fikiran
mereka tidak terbebani oleh tugas, tugas, tugas dan tugas. Untuk mengerjakan
satu tugas saja mereka membutuhkan waktu yang cukup menyita bila terus-menerus
ditumpuk akibatnya waktu belajar siswa untuk mengulang pelajaran justru tersita
untuk mengerjakan satu tugas belum lagi tugas-tugas lainnya.
Disekolah pun perhatian siswa masih tertuju pada tugas
yang sedang “antri” untuk dikerjakan tidak jarang siswa membicarakan tugas mereka yang belum terselesaikan dan hal
ini membuat fikiran siswa kian bertambah hingga menimbulkan kesulitan untuk
berkonsentrasi atau bahkan menimbulkan stres. Stres dini sangat tidak baik
untuk siswa bagi kedepannya. Karena seharusnya masa-masa sekolah ini membuat
fikiran siswa berkembangbukan malah terbebani.
BAB 4
PENUTUP
`4.1 KESIMPULAN
Beradasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh hasil
sebagai berikut.
1.
Efek dari pemberian tugas yang berlebihan memang benar
adanya.
2.
Terganggunya kegiatan belajar mengajar disekolah merupakan
salah satu efeknya.
3.
Berkurangnya waktu belajar mengajar disekolah merupakan
salah satu efeknya.
4.
Berkurangnnya waktu belajar siswa dirumah pun merupakan efek pemberian tugas yang
berlebihan.
4.2 SARAN
Berdasarkan hasil-hasil penelitian di atas, peneliti menyarankan:
Berdasarkan hasil-hasil penelitian di atas, peneliti menyarankan:
1.
Sebaiknya pemberian tugas yang berlebihan terhadap siswa
mulai dikurangkan.
2.
Hendaknya siswa mampu untuk membagi waktu antara mengerjakan
tugas dengan belajar dirumah.
3.
Sebaiknya, bila diberikan langsung dikerjakan agar tidak
harus kerja extra untuk ,mengerjakan tugas-tugasnya.
sSudah selesai dan apakah sudah mengerti atau belum jelas silahkan tanya di kotak komentar, Semoga dapat membantu, dan menambah wawasan kita,Terimakasih Salam Pintar....
Wassalamualaikum Wr Wb
Tidak ada komentar:
Posting Komentar